ESAI: Memberdayakan Pemuda Daerah sebagai Bonus Demografi dan Mengatasi Ketimpangan Pariwisata Indonesia dengan “si Aca” (ATOUR (Local Tourism) Application))

Karya: Galih Puji Kurniawan, Siswa SMAN 1 Ponorogo
Sumber daya alam dan kekayaan ragam budaya menjadikan Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata di dunia. Pariwisata menjadi salah satu penompang ekonomi di Indonesia. Perkembangan pariwisata Indonesia juga meningkat tiap tahunnya. Dalam data Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun 2015 mencapai 786,7 ribu. Pada tahun 2016 jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia meningkat mencapai 12 juta orang dengan 260 juta perjalanan wisata (www.kemenpar.goid). Melihat kondisi pariwisata Indonesia, maka diharapkan dapat memanfaatkan peluang pariwisata Indonesia untuk mengembangkan ekonomi Indonesia dengan menggunakan berbagai macam cara (Hakim, 2013).
Namun, dunia pariwisata Indonesia mengalami beberapa kendala. Salah satu kendala masalah pariwisata di Indonesia adalah ketimpangan kunjungan pariwisata di beberapa wilayah Indonesia. Wisatawan mengunjungi wilayah- wilayah pariwisata yang populer saja. Melihat masalah ketimpangan tersebut, maka diharapkan ada cara yang dapat mengurangi ketimpangan pariwisata di Indonesia dan dapat mempromosikan wilayah pariwisata di Indonesia. Salah satu cara yang dapat mengembangkan pariwisata Indonesia adalah melalui new media Internet karena penyebaran informasi yang cepat dan real-time serta penetrasi pengguna internet yang terus meningkat (Sulaeman, 2013). LANJUTKAN MEMBACA