ESAI: AKTOR UTAMA DIBALIK KEMAJUAN PEMBANGUNAN EKONOMI-POLITIK INDONESIA

Karya: Arif Muhammad Iqbal, Siswa MAN 1 Tasikmalaya
Sebelum membahas bagaimana peran dan aspek apa yang bisa diambil oleh generasi milenial dalam pembangunan ekonomi-politik Indonesia, perlu dikaji secara mendalam terlebih dahulu landasan idiil dan tujuan mau kemana pembangunan negara dan bangsa ini untuk kedepannya. Sebagai landasan idiil Pancasila harus dan tetap menjadi kekuatan pengikat seluruh tatanan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Sementara itu tujuan dari pembangunan Indonesia sebagaimana dalam Pembukaan UUD 1945 alinea 4: “...melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.”
Pedoman serta paradigma dari Pancasila dan tujuan yang sudah dirumuskan oleh founding fathers bangsa perlu selalu ditanamkan ulang dan direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari generasi masa kini sebagai koridor ke arah mana pembangunan akan dilaksanakan. Kemudian dimanifestasikan dalam aspek sosio-politik, sosio-ekonomi maupun aspek-aspek pendukung yang lainnya. Jika kita generasi milenial sebagai pewaris bangsa lepas dari pedoman tersebut, maka akan membuat kita terjebak pada kondisi disorientasi, tidak jelas arah dan menuju kehancuran yaitu menjadi bahan eksploitasi negara lain. LANJUTKAN MEMBACA